Cara membuat Canadian Smock ( Weave design )

Hallo...

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu teknik sulam tangan yang biasa saya pakai disetiap kreasi saya. Yaitu Teknik SMOCK.
Teknik Smock yang saya pakai adalah Canadian Smocking.
Langsung saja yah...

Bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah sebagai berikut :
  1. Kain polos, Saya rekomendasikan untuk pemula pilih kain yang tidak melar sperti kain katun. Kali ini saya memakai kain Blacu.
  2. jarum jahit dan benang
  3. pensil kain
  4. penggaris/meteran kain
  5. gunting
Nah, setelah bahan dan alat sudah terkumpul...Mari kita mulai!

PERTAMA kita membuat pola pada bagian belakang kain (persis seperti contoh dibawah ini). Teman-teman harus pakai pensil kain atau bisa pakai pensil tulis yang tidak terlalu tajam yah, pokoknya yang tidak permanen.
setiap kotaknya masing-masing berjarak 2cm yah. Untuk garis serongnya jangan lupa beri jeda kosong setiap pingiran kainnya.
canadian smocking weave design pattern
Ini tampak pola kain yang saya buat, teman-teman bisa juga buat pola seperti saya dibawah ini terlihat lebih simple sih...tapi kalau belum terbiasa akan jadi bingung.


Ok, Siapkan jarum jahit dan benangnya, untuk latihan baiknya memakai benang yang kotras (saya memakai benang warna hitam). Tapi pada saat mau bikin project smock beneran yah harus pakai warna yang senada dengan kainnya biar terlihat rapi.



Untuk mulai menjahitnya, bisa dari atas bisa juga dari bawah...senyamannya teman-teman aja!
Yang penting sesuai dengan pola serongnya.


Setelah tusukan kedua lalu serut benang hingga kainnya terlipat, lalu tusuk kembali pada tempat tusukan sebelumnya untuk mengunci jahitannya.




 Setelah tusukan jahitan dikunci lalu gunting. Dan lanjutkan ke pola selanjutnya....dan seterusnya!



 Tampak baris pertama sudah selesai.



 Selanjutnya, baris kedua dengan pola garis serong yang berlawanan.



 Just keep going, you can do that...stay focus, dear!



 Naaaah.....sudah kelihatan kan motifnyaaa!
(Tampak depan)

Inilah hasilnya pada tampak belakang.



Dan, ini tampak depan...


Untuk sentuhan akhir, jangan lupa disetrika agar lebih cantik dan lebih mudah untuk dijahit!


Naah...Begitulah cara membuat SMOCK. Apabila teman-teman kurang jelas atau ada yang mau ditanyakan langsung aja komen di bawah ini, sebisa saya akan saya jawab...
Sama-sama belajar dan saling memberi informasi yang bermanfaat...Itulah yang saya harapkan!

Untuk teknik smock model honeycomb, teman-teman bisa kunjungi artikel saya disini.
Untuk teknik smock model origami, teman-teman bisa kunjungi artikel saya disini

Semoga menginspirasi dan bermanfaat...
Terima kasih,
Nounite :)

4 comments:

  1. Itu bisa diterapkan dimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo...maaf baru balas, karena ada masalah sama blognya, g bisa sign in
      itu bisa diterapkan pada apa saja kak,,
      bisa di tas, pakaian, gorden, sarung bantal..dll

      Delete
  2. Untuk ukuran kain, misal sarung bantal ukuran 30x30. Yang depan ambil berapa untuk di smock mba? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbak, untuk ukuran yang mau di smock ambil ukuran 2x lipatnya...
      semisal 30x30 ( potong kainnya 60x60 untuk smock)
      ini khusus untuk smock (weave design) model yang diatas yah.
      terima kasih sudah komen...semoga membantu

      Delete

cara membuat meshwork pillow

Assalamu'alaikum.. Sebentar lagi sudah masuk bulan puasa nih.. kayaknya saat ini adalah waktu yang tepat untuk mempersia...